Jumat, 18 Februari 2011

Cara Ampuh Mengamankan Komputer Dari Virus

Belajar Yuk...!!!

Perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan menghadirkan wajah dan warna yang komplek dan kadang justru menjadi dilema bagi manusia. Seperti halnya menanam padi justru ilalang yang tumbuh, akhirnya kita dibuat repot oleh ilalang dan rerumputan yang tumbuh dengan liar dan tak terkendali. yah begitulah perumpamaan yang cocok untuk dipertemukan dengan perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan saat ini. Semakin kita menggali sebuah pengetahuan, akhirnya kita akan tahu bagaimana untuk menggunakan dan memperalat pengetahuan itu menjadi baik atau buruk sesuai dengan keinginan kita.

Dunia teknologi adalah dunia yang cukup menjanjikan jika kita bisa memanfaatkannya sebagai titik awal menuju kesuksesan. Bagaimana tidak, hari ini dan saat ini adalah saat di mana hampir semua manusia memiliki ketergantungan terhadap Teknologi dengan kapasitas yang berbeda-beda tentunya. Namun, ketergantungan terhadap tehnologi itu semakin hari semakin menggila. Jika kemarin kita melihat para pelajar dan akademisi hidup bergumul dengan teknologi, hari ini kita melihat hampir semua usia memiliki ketergantungan terhadap teknologi yang lebih besar.

Handphone dan Komputer menempati urutan teratas sebagai produk teknologi yang paling diminati dan dibutuhkan oleh semua usia. Mulai dari anak-anak sampai lansia (Lanjut Usia), hampir semuanya memiliki ketergantungan terhadap kedua barang tersebut. Sehingga tidak heran kita sering melihat dan mendengarkan jika karena kedua barang tersebut antara yang tua dan yang muda saling berebut dan berkompetisi untuk mendapatkan yang terbaik darinya.

Disisi lain, orang yang memahami dan tahu tentang kondisi ini, mereka berupaya untuk membuat dan menjadikan kedua barang tersebut lebih memiliki daya tarik dan daya ketergantungan yang lebih tinggi kepada pengunannya. Maka berbagai cara akan dilakukan untuk meraup keuntungan dari kedua barang tersebut, mulai dengan cara-cara yang baik sampai pada cara-cara yang buruk sekalipun. Apalagi bagi orang yang kurang memiliki ketulusan dalam memberikan kemanfaatan bagi orang lain, maka dia akan menggunkan cara-cara yang kurang baik (kejam) untuk menciptakan ketergantungan terhadap penguna barang tersebut. Seperti pengedar ganja yang awalnya memberikan barang tersebut dengan cuma-cuma, namun ketika orang tersebut sudah berada pada titik ketergantungan mereka akan memerasnya dengan seenaknya sendiri.

Salute buat yang rela bersusah payah untuk menghadirkan kemanfaatan yang baik untuk kemaslahantan orang banyak, dan tentunya kita akan selalu berharap orang tersebut mendapatkan kemudahan dan kemenangan hidup yang sesungguhnya. Amin.

Lalu bagaimana untuk orang yang justru memanfaatkan hal ini pada sisi yang tidak/kurang baik??? seperti contoh yang sudah sangat familiar ditelinga di sekitar kita yaitu apa yang dilakukan oleh Virus Maker (Pembuat/Developer Virus). Lho kok jadi menuduh orang...??? bukan menuduh namun kita mencoba untuk berfikir logis aja. Jika memang Virus - virus yang bertebaran bebas itu tercipta dengan tidak ada unsur kesengajaan, maka tentunya akan dengan mudah bagaimana membasminya. Memang ada beberapa jenis virus yang tercipta atau ada karena unsur ketidak sengajaan. Ini biasanya tercipta dari effect/hasil dari sebuah program yang diciptakan, namun tanpa sengaja justru program itu mempunyai kemampuan untuk merusak atau berbahaya bagi kelangsungan program lainnya. Namun sekali lagi, Virus semacam ini akan sangat jarang berkembang besar atau bisa dikatakn 100000 : 1 (seratus ribu banding 1). Sehingga konklusi kita adalah kebanyakan atau ahampir semua virus yang ada dunia teknologi adalah hasil ciptaan yang sengaja untuk meningkatkan daya ketergantungan manusia akan teknologi lebih dalam dan lebih dalam lagi.

Ketergantungan semacam apakah yang diharapkan oleh para Virus Maker...??? Seperti orang yang sakit, apa yang ia harapkan hanyalah obat atau kesembuhan dari sakit yang ia derita. Seperti itulah kiranya harapan dari orang yang menggunakan Komputer atau Hp jika terkena virus, yaitu mengharapkan kesembuhan produknya dari kesakitan akibat virus yang menjangkitnya. Karena jika tidak segera disembuhkan, maka penyakit itu akan mengganggu dan akhirnya akan mengancam keberlangsungan penggunaan produk tersebut. Sehingga banyak yang siap mengeluarkan ongkos begitu tinggi dan tak sebanding dengan obat yang diberikan kepadanya demi menyelamatkan produk yang ia miliki. Mulialah bagi orang yang melihat fenomena ini lalu berinisiatif dan melakukan sebuah langkah-langkah untuk menyelamatkannya. Sehingga kita seharusnya berharap akan lebih banyak orang yang benar-benar mulia untuk menciptakan sebuah produk yang memang itu tulus untuk menyelamatkan pengguna dan pecandu teknologi yang saat ini mengalami kegundahan terhadap penggunaan berbagai macam produk yang mereka miliki.

Ketergantungan kita terhadap tehnologi haruslah mampu kita kendalikan dan kita tekan serendah mungkin sebelum kita berada pada titik dimana kita tidak memiliki pilihan selain hidup dan bergantung padanya. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan kita adalah dengan mengontrol dan mengendalikan pola makan dan aktivitas kita sehari-hari. Begitu pula dengan teknologi, untuk menjaga produk atau teknologi yang kita miliki, maka kita juga harus bisa mengatur konsumsinya (program yang digunakan) dan aktivitasnya (Pengunaan).
Karena kebanyakan dari pengguna yang megalami permasalahan dengan virus adalah pengguna melakukan penggunaan program yang terlalu beresiko atau dengan sering memasukkan program yang tingkat keamanannya kurang terpercaya diantaranya:
  1. Memasukkan program dari perangkat lain tanpa scanning terlebih dahulu (Bluetoot, USB, Card Reader, atau perangkat lainnya).
  2. Memasang program Ilegal seperti Cheat, Bot atau program-program lain yang berstatus kurang dipercaya. (Biasanya para Virus Maker atau Developer Virus menyertakan Virus didalam program-program ilegal tersebut) karena dengan begitu tidak terlalu beresiko bagi produk yang ditumpanginya.
  3. Mengakses internet tanpa ada firewall atau Internet Scurity yang baik, karena perlu diketahui bahwa banyak situs-situs yang kurang dipercaya dan dimungkinkan terdapat virus atau Maleware yang berbahaya didalamnya. khusunya situs-situs yang berbau pornografi atau sarak.
  4. Mendownload program-program dari situs internet yang kurang dipercaya.
Sekiranya, beberapa hal diatas harus mampu di hindari atau diminimalisir guna menyelamatkan produk-produk yang kita miliki dari virus-virus yang bertebaran di sekitar kita khususnya di dunia maya (Internet). Nah, sedulur-sedulur sekiranya apa yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini hanyalah sekedar belajar dan belajar. Sehingga saya yakin analisa ini masih jauh dari kesempurnaan, sehingga kami selalu berharap ada sebuah koreksi atau diskusi yang lebih guna mencari sebuah solusi terbaik dalam  hal mengandalikan Virus dan kroni-kroninya.
Thank's... And happy discuss....!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar